Daerah bernama Absurdis

Alkisah di sebuah daerah bernama Absurdis, hiduplah seorang rakyat jelata yang rajin, baik hati, tidak sombong, dan suka menabung. Sehari-harinya sang rakyat jelata, Tukijo, biasa dipanggil Jo, bekerja dengan mencari kayu bakar di Hutan Raya bersama temannya, sebut saja dia Mawar (nama samaran). Ah, tentu saja bukan, temannya Jo itu lelaki, namanya Jaka!!

Suatu hari, ketika Jo dan Jaka pulang dari mencari kayu bakar, lewatlah kereta kuda kerajaan Kabita. Setiap rakyat jelata wajib minggir dan mempersilakan kereta kerajaan mendahuluinya, sambil tersenyum kearah kuda dan sang penumpang kereta kerajaan. *yaiyalah kalo gak minggir pan bisa nabrak!* . Jo dan Jaka minggir kepinggir (oke, ini masuk majas pleonasme), lalu tidak lupa tersenyum pada kuda dan … ternyata penumpangnya adalah putri dari Kanjeng Ratu. Dialah putri kedua Kanjeng Ratu yang suka menyapu, rajin bersih-bersih .. *oke skip, dia itu putri, bukan ART Kerajaan*. Sebut saja dia Putri Andara, seluruh rakyat memanggilnya Putri Ra.

Putri Ra sangat ramah pada setiap rakyatnya. Jo dan Jaka kemudian terpesona dengan senyuman sang putri. Jarang-jarang pas kereta kerajaan lewat, eh sang putrilah penumpangnya, biasanya kakak iparnya, Pangeran Anjar atau malah sang Raja. Apes kan kalo sering-sering liatin senyumannya Pangeran Anjar dan senyumannya Raja. :-<

“Jak, senyumannya Putri Ra … manis :)”, ujar Jo.

“Iya Jo, gile, menghipnotis guah banget dah. Tapi inget Jo, kita ini rakyat jelata, jangan terhanyut gitu ah. Putri Ra emang manis, tapi lu jangan sampe terbengong-bengong gitu donk ah”

“Hehe..”, sambil menatap Jaka, dalam, dan nyengir. Pikiran menerawang.

“Jo, lu gak kenapa-napa kan? Seriusan deh, senyuman lu ke guah barusan bikin guah ngeri :-S”

***

Mereka lalu pergi, melanjutkan perjalanan dengan pikiran mereka masing-masing. Jaka dengan pikiran, mudah-mudahan senyuman Jo tadi gak ada maksud apa-apa. Jo justru masih memikirkan senyuman manis Putri Ra sambil pikirannya mengawang-ngawang, dan sesekali sambil terantuk batu, kesandung :-<

Keesokan harinya …

Jo dan Jaka seperti biasa mengais rejeki dengan mencari kayu bakar di Hutan Raya. Tak lupa mereka selalu membawa bekal, entah singkong rebus, entah jagung rebus, gak lupa juga bawa minum, tar keselek kan ribet, mau lari ke hutan, udah di hutan, mau lari ke pantai, jauh, lari kesungai, duh udah bengek duluan saking keseleknya. *ini apasih*

“Jak, nanya donk!”, tiba-tiba Jo nyenggol lengan Jaka.

“Duh, ngagetin aja lu ah. Serius bener si, Nanya tinggal nanya, ama guah aja masa kudu ijin mu nanya doangan”, Jaka gemes. Tentu saja bukan gemes pengen jawil-jawil pipi Jo.

“Hee, gak aneh-aneh si. Aku Cuma mau nanya pendapat kamu aja Jak. Soal Putri Ra. Salah gak sih kalo aku kagum sama dia? Atau .. err .. Salah gak sih, kalo aku suka sama dia?”, tanya Jo dengan hati-hati.

“Haaah? Lu suka sama Putri Ra? Kalo soal kagum si ga masalah ya Jo, setiap rakyat yang suka ketemu dia pasti kagum, udah mah baek, murah senyum, manis pula, sapa yang gak kagum coba. Tapi soal suka, duh, guah ngeri dengernya Jo. Gak pernah ada yang salah soal rasa suka sama orang lain sih Jo. Tapi dia putri dari Kanjeng Ratu. Putri Raja. Kita hanyalah rakyat jelata”, jelas Jaka dengan menggebu-gebu.

“Tapi Jak, aku ngerasa deg deg serr gimana gitu ya pas kemaren liat senyumannya Putri Ra, dan aku ngerasa senyumannya dia tuh dalem banget. Kayanya dia juga suka sama aku deh Jak”, mengkhayal.

“Joo, lu lagi sakit ye? Ngarang banget deh ah lu bisa disukain sama Putri Ra. Lagian kan lu baru pertama kali ketemu sama dia. Cinta pada pandangan pertama? Duh, aneh bener dah, ngeliat sekali bisa suka? Ngeliat fisik banget lu”, seriusan deh, Jaka udah gemes.

“Tapi tadi kamu bilang ga pernah ada yang salah soal rasa suka sama orang lain. Kok aku ngerasa kamu lagi mengarahkan aku bahwa aku ini sebenernya salah ya Jak?”, Jo mulai bingung.

“Ribet yee dengerin curhatannya lu. Dulu Wida, sekarang Putri Ra. Duh, Jooooo.. lieur guah.”, lieur karena sebenernya bingung juga jawab pertanyaan Jo (–“)

…..

Tak lama kemudian, sudah saatnya singkong rebus disantap. Udah tengah hari robek begini, sampe matahari kok berasa panas banget, udah mah laper, hajar sajalah makanan yang ada, yang penting ga kosong perutnya.

Tiba-tiba, pengawal Kerajaan Kabita datang.
“Hey kalian. Adakah diantara kalian yang bernama Tukijo Samijo?”

Sambil keselek,
“I i i ya, aku yang bernama Tukijo. Ada apa ya Kang?”, sahut Jo.

“Saya diminta mencari rakyat yang bernama seperti tadi untuk dipanggil menghadap Raja. Segera. Jadi, mari ikut saya, sekarang”, jelas pengawal.

“Tapi Kang, ada apa ya? (mengulang pertanyaan yang sama). Aku gak ngerasa melakukan kesalahan. Aku pun disini mencari kayu bakar sesuai izinnya, dan sesuai porsinya kok gak kelebihan ngambilnya”, Jo mulai deg-degan.

“Saya juga kurang tau, pokoknya saya hanya diminta untuk mencari saudara Tukijo, untuk dibawa menghadap Raja.”

“Baiklah Kang”, Jo pasrah.

“Jak, aku ngikut pengawal dulu ya. Doakan aku ya”, menatap wajah Jaka, nanar, berkaca-kaca.

“Ati-ati ye Jo, udeh lu gak usah berkaca-kaca gitu kaya gak bakal ketemu guah lagi aje lu.”, padahal mah Jaka juga deg-degan kenapa sahabatnya tiba-tiba dipanggil Raja.

***

Lalu : Jo hanyalah jelata

10 thoughts on “Daerah bernama Absurdis

  1. Pingback: Jo hanyalah jelata
  2. I want to say your blog is almost amazing. I always like to learn something new about this because I have the similar blog on this subject so this help´s me a lot. Thanks for sharing so much in your blog.

  3. Pingback: watch tv shows online 2k
  4. Hotel Focus to nowy standard w dziedzinie miejskich hoteli biznesowych. Nasza sie? oferuje noclegi w dogodnych punktach takich zamiast gdy Szczecin, Bydgoszcz, ?ód?, Gda?sk. Dobre lokalizacje naszych hoteli pozwol? w krótkim czasie przyby? a? do najwa?niejszych miejscotelfocus.com w mie?cie, na domiar tego – na skutek bliskiej odleg?o?ci a? do dworca a lotniska zapewni mobilno?? ?ci?le mówi?c wa?n? w trakcie wszelkich podró?y s?u?bowych. Everyman w?asny hotel posiada profesjonalne, klimatyzowane sale konferencyjne, które umo?liwiaj? rozk?ad szkole?, konferencji, spotka? czy sesji. Hotele Focus to nie nic bardziej b??dnego noclegi. Nasi go?cie mog? równie? w cenie pokoju u?ywa? z sauny, si?owni za? sieci Wi-Fi. Jeste?my otwarci na ka?d? form? wspó?pracy. Zapraszamy a? do korzystania spo?ród naszych us?ug gastronomicznych. Niezmiennie dbamy o przyspieszenie naszej sieci hoteli. Mi?o zapraszamy!

    hotelfocus.com.pl

  5. Pingback: Jacinda Halwood
  6. Pingback: YouLikeHits Blot Collections

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s