Cibodas, here we go!

Yay! Hari itu akhirnya saya berencana pergi ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur. TNGP, yang berjarak sekitar 45 km dari Kota Bogor tanpa melalui jalan tol, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Hari itu sepertinya untuk pertama kalinya (kembali) saya melewati kawasan Puncak dengan menggunakan motor. Banyak sekali kenangan yang tiba-tiba membuncah tanpa disadari dan diinginkan untuk keluar dari pikiran. And this gonna be a medium trip for me, so, just let’s go!

Tak banyak yang saya bawa saat itu selain sandal jepit (untuk ganti, karena saya memakai sneakers), mukena, payung (untuk antisipasi), dan pernak pernik lainnya *halagh*. Sungguh berbeda sekali dengan yang ia bawa. Memang sebelum berangkat, dia bilang, kita nanti hanya akan membawa satu daypack. Maka dari itu aku hanya membawa sedikit barang, karena toh nantinya saya tidak akan memanggul apa-apa😀 Awalnya saya hanya mengira dia hanya membawa beberapa snack, minuman, dan entah apalah yang memenuhi daypacknya itu. Ternyata … ah nanti saja saya beritahu apa isi daypacknya :p

Setelah melakukan perjalanan yang agak jauh dengan cuaca pagi yang cerah dan mulai dingin setelah melewati puncak, akhirnya sampailah kita di gerbang Cibodas. Dengan membayar Rp. 9000 untuk dua orang dan satu motor, lalu masuklah kita ke Kawasan Cibodas. Saya agak mengingat daerah ini, ada pertigaan, jika belok kiri, maka akan memasuki gerbang Kebun Raya Cibodas, dan jika lurus akan menuju ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau bisa juga menuju ke wilayah perkemahan Cibodas. Dia mengingatkan, bahwa tangga keatas dari tempat kita parkir motor itu adalah kawasan menuju ke Perkemahan Cibodas. Lalu ingatan saya kembali pada tahun 2002, ketika saya dan seluruh angkatan di masa SMA, melakukan penutupan Akbar MOS di kawasan perkemahan itu. Ah, time flies ya. Bertahun-tahun yang lalu saya pernah berada di tempat itu, menginap bersama ratusan teman dan puluhan Aa Teteh OSIS serta puluhan guru di kawasan itu. Ada sebuah senyum ketika saya mengingat itu semua.

Lalu perjalanan kita pun dimulai, memasuki kawasan TNGP, kita diwajibkan membayar Rp 6000 untuk dua orang. Saya dan dia sempat melihat sebuah plang, bahwa untuk menuju Air Terjun Cibeureum dibutuhkan sekitar 2,9 km. Agak tidak terlalu jauh sebetulnya dibandingkan ketika saya dan teman-teman trekking di kawasan Taman Hutan Raya (Dago Pakar) di Bandung yang berjarak sekitar 5-6 km untuk menuju ke Curug Omas, lalu kembali lagi ke titik awal dengan jarak sama😀 Kembali ke kawasan TNGP, jarak 2,9 km tidak bisa dianggap remeh. Wilayah yang sudah menjadi tempat wisata ini sudah memiliki jalur yang baik, jalanan berbatu dan berbentuk tangga, memudahkan para pengunjung untuk melakukan trekking. Lain halnya dengan kontur pada Curug Cilember yang masih ada tanah-tanahnya.

Beberapa ratus meter pertama sudah membuat saya keringetan, selain karena saya memang orang yang mudah keringetan, tetapi jalanan yang terus menanjak berhasil membuat baju saya sudah agak basah. Jaket yang saya kenakan sejak dari Bogor, akhirnya saya lepas, berharap udara tidak membuat kaos saya semakin basah ;p Semakin keatas, udara semakin dingin. Hingga sampailah kita di Telaga Biru. Sebuah telaga berukuran lima hektar (pada ketinggian 1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Hampir setengah perjalanan. Sebentar saya sempatkan untuk menyentuh air yang mengalir di sisi telaga, brrrr, dingin sekali.

Perjalanan harus tetap berlanjut. Sekitar 500 meter ke depan, sampailah kita di Rawa Gayonggong, disini kita dapat melihat Gunung Pangrango dengan panorama hutan yang lebat, dan kita berjalan diatas jembatan kayu yang panjang sambil menikmati pemandangan. Daaaan, sekitar 1km ke depan, sampailah kita di Air Terjun Cibeureum. Subhanallah, aliran airnya deras sekali, tinggi, dan super dingin! Hempasan airnya terasa di beberapa meter di depan curahan airnya. Subhanallah, ini keren bgt!

Air Terjun Cibeureum sebenarnya terdiri dari tiga air terjun, yakni, Air Terjun Cikundul, Air Terjun Cidenden, dan Air Terjun Cibeureum. Hari itu cukup ramai, lalu kita mlipir sedikit ke air terjun cidenden, lebih kecil sih, tapi hempasan airnya super. Akhirnya saya meminjam jaketnya untuk dikenakan, dan kita duduk sebentar di depan air terjun itu. Tak hentinya saya menatap air terjun di hadapan saya ini, Tuhan memang Maha Kuasa, menciptakan ciptaanNya yang indah. Nah, saatnya membongkar daypack. Sungguh tak disangka, dia membawa termos isi air panas, gelas plastik kecil, cokelat bubuk, gula, sendok kecil, beberapa bungkus cemilan, roti keju, dan mie goreng serta nasi, ngga lupa saos. Wow! :)) Dia membuatkan saya segelas kecil cokelat bubuk, lalu mengeluarkan beberapa bungkus cemilan. Nom nom nom, indah sekali hari itu :”)

Waktu telah kita lewati dengan ngobrol kesana kemari, bercanda, tertawa dengan melepaskan penat, tak lupa jepret-jepret dulu sesaat :p Saya mengganti alas kaki dengan sandal jepit, karena saya ingin bermain air, pun karena melihat keadaan awan sudah agak mendung, takutnya pas turun nanti sepatu kets saya basah. Sekitar 2 jam saya dan dia bermain-main di sekitar Air Terjun Cibeureum. Saatnya turun. Masih mengenakan jaketnya, saya pun bersiap untuk turun. Seperti biasa, jalur kembali (rasanya) tidaklah se-berat ketika datang, padahal melalui jalur yang sama dan jarak yang sama pula.

“Cuaca sedang cerah, beruntung kalian datang hari ini”, ujar pedagang mie ayam, tempat saya dan dia sedikit mengisi perut di kawasan dekat parkiran motor. Iya, pak, beruntung sekali saya hari ini. Getaway and hideaway yang sangat menyenangkan. Melepas penat sesaat, dan melupakan segala lelah karena daily routine.

Thanks for taking me to this place ya, dear :’)

6 thoughts on “Cibodas, here we go!

    • persiapannya ngga matang.. ke gede atau ke pangrango ya, sekitar 7 km atau 2000an sampai 3000an mdpl, emang sedikit lagi sih😀
      ayooooo kesiniiiii ^^

Leave a Reply

