Day 1: Prepare

At first, saya berfikir kalau mengajukan permohonan paspor itu sulit. Sampai saya berkali-kali mencari informasi disana sini untuk meyakinkan diri dan tidak patah semangat untuk membuat paspor dengan mengajukan sendiri ke Kantor Imigrasi. Ada satu buku yang jadi sedikit panduan saya, Studying Abroad, karya Windy Ariestanty dan Maurin Andri. Di dalam buku mengenai how to go abroad, terselip satu bab mengenai Paspor dan Visa. Darisitulah saya mengetahui bahwa pembuatan paspor tidaklah sulit.

Sempat suatu waktu saya ditawari untuk membuat paspor dengan waktu yang cepat. Tetapi ketika mengetahui nominal yang disebutkan sekitar dua kali lipat dari harga biasa. Maaakkk, bisa pergi satu kali trip lagi itumah :)) Lalu akhirnya saya memutuskan untuk tidak ikut membuat paspor dengan waktu yang cuma sehari itu. Kembali saya browsing sana sini untuk sekedar mendapatkan keyakinan lebih ;)) *ngikik* *gak pede* Ternyata ada prosedur mengajukan permohonan secara online. Saya kurang tau apakah hanya berlaku di Jakarta saja atau tidak, yang jelas, hanya berkunjung ke http://imigrasi.go.id, lalu klik Layanan Permohonan Paspor Online dan ikuti saja langkah-langkahnya darisitu. Online yang dimaksudkan disini adalah untuk sedikit memudahkan saja.

Dalam artian, pemohon mengupload syarat-syarat yang dibutuhkan, namun tetap saja harus datang ke Kantor Imigrasi yang dituju untuk diperiksa berkas-berkasnya, bedanya (katanya) loket untuk pengajuan online dan tidak itu berbeda dan ketika lewat jalur online, tidak datang 3 kali seperti biasa. Karena setelah mengikuti prosedurnya di web, maka keesokan harinya langsung beli map, ambil nomor antrian, datang ke loket pengajuan, terus tunggu untuk bayar dan foto wawancara lalu datang lagi beberapa hari kemudian. Katanya sih begitu. Tetapiiiiiii, menurut saya, melakukan pengajuan permohonan paspor itu mudah kok. Serius!

Sebelumnya saya meminta bantuan seorang teman untuk mengambilkan map berisikan beberapa formulir yang sudah disediakan di Koperasi Kantor Imigrasi. Dengan membayar seharga Rp. 15.000,- (padahal saya ndak mbayar, dibayarin sama sang teman jeh ;)) ), saya sudah mendapatkan beberapa formulir, tertempel satu buah materai, dan sudah ada sampul paspor. What did I do next?

Let’s check this thing out on the first day🙂

Pertama, periksa kelengkapan yang wajib disertakan didalam map.

  1. Fotokopi KTP (jangan dipotong, biarkan saja dalam kertas A4)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Ijasah terakhir (atau Surat Nikah bagi yang sudah menikah)
  4. Fotokopi Akta Kelahiran
  5. Fotokopi KTM (jika diperlukan, dan jika masih mahasiswa)
  6. Surat Rekomendasi Kantor/Kampus (jika diperlukan)

Oleh karena di dalam Kartu Keluarga dan di KTP saya masih berstatus mahasiswa, maka saya menyertakan fotokopi KTM. Lalu di dalam formulir pun saya menulis bahwa saya masih berstatus mahasiswa, hihi.

Kedua, datanglah pagi-pagi. Seriusan deh, Kantor Imigrasi itu setiap harinya penuh banget. Masih banyak orang sibuk dan orang yang memiliki keinginan tinggi untuk pergi ke luar negeri ya. Hari ini, saya datang pagi, sekitar pukul 7 lewat saya sudah sampai di Kantor Imigrasi. Ternyataaa, kantor dibuka pada pukul 7.30. Yah nunggu bentar lah. Pas dibuka, saya langsung ambil nomor antrian. Dapet nomor 2, asiiikk! Hari itu saya mbolos kerja soalnya saya belum tau soal waktu untuk pengajuan permohonan pada hari pertama. Eh, pas loket dibuka pada pukul 8 pagi, ternyata dengan cepat sudah dipanggil, lalu saya datang ke loket, menyerahkan map beserta isinya, lalu diberikan sebuah kertas bahwa saya wajib datang tanggal 25 Januari 2012 untuk melakukan Foto dan Wawancara. Padahal di dalam form itu ada yang belum saya isi, saya lupa. Kata mba-mbanya gak papa, nanti bisa dilengkapi.

Terus udah?

Iye udah!

Beneran?

Iyeeeeee, hari pertama udehan!

Jam setengah 9 pagi saya udah dirumah lagi. Berhubung saya udah bilang kalo ngga kerja, yaudah lah ya terusin aja, padahal jam segitu masih bisa buat saya untuk berangkat ngantor, hihi.

See you on the day 2🙂

2 thoughts on “Day 1: Prepare

Leave a Reply

